Ngarit dan Filosofinya

Ngarit rumput buat makan ternak

Ngarit adalah kegiatan sederhana dan selalu dianggap pekerjaan sepele. Namun sebenarnya Filosofi ngarit menghasilkan sifat atau karakter yang tekun, jujur, ulet, rajin, disiplin, hati-hati, pemberani dan pantang menyerah. Sehingga filosofi ngarit sangat bermanfaat pula jika kita terapkan dalam lingkup pekerjaan kita.

Filosofi NGARIT tentu saja selangkah lebih maju daripada filosofi NGOPI. Filosofi ngopi adalah perencanaan atau pemikiran saja, sedangkan filosofi ngarit adalah tindakan positif nyata. Filosofi ngopi dibutuhkan sebagai “entertainment” atau refeshing otak yang penat. Filosofi ngarit adalah “reality show” atau dalam bahasa sinetronnya adalah kisah nyata. Bedanya, ngopi sering membuat manusia terlena dengan duniawi, sedangkan ngarit adalah “DUNIAWI UNTUK DUNIA DAN AKHIRAT”.

Ngopi dan ngarit adalah hal penting yang tumbuh di masyarakat. Tradisi kearifan lokal yang seharusnya terus kita lestarikan keberadaannya… (Kin’s)

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bangilan menuju Pelayanan Prima

Rab Jan 22 , 2020
SEMOGA semboyan ini jadi pegangan semua layanan publik di Bangilan… dan setiap pemberi layanan mau mengubah paradiga pelayananya… Dari pelayanan konvensional warisan masa lalu yang kaku dan terkesan “melihat lihat” orang yang dilayani MENJADI pelayanan prima (excellent service)… “Mudahkanlah, jangan kau persulit. Gembirakanlah, jangan kau takut-takuti…” (HR. Ahmad) Saatnya Bangilan […]