Aksi Donor Darah Saat Pandemi, Sobat Bangilan Sumbang 34 kantong

Donor Darah, Kita Sehat “mereka” Selamat

Ketika Rumah Sakit sedang berjuang  keras melawan Pandemi Covid-19, tentu tidak bisa dibantah juga adanya persoalan lain yang tidak kalah penting. Ribuan orang di seluruh negeri membutuhkan perawatan dengan kondisi lain seperti yang memerlukan transfusi darah. Ada ibu hamil yang mengalami komplikasi dalam kehamilannya, anak-anak dengan anemia, orang yang mengalami kecelakaan serius, hingga kasus DBD. Kasus-kasus sepert ini memerlukan donor darah untuk menyelamatkan nyawa.

Kebutuhan darah setiap harinya tidak bisa dibendung. Sementara stok darah kian menipis jumlahnya. Belum lagi, jumlah pendonor sukarela tidak sebanding dengan jumlah permintaan yang ada, karena para pendonor merasa takut keluar rumah jika tidak benar – benar mendesak. Akibatnya persediaan darah di PMI berkurang.

Olehnya SOBAT BANGILAN pada hari Minggu, 28 Juni 2020 menggadakan bakti sosial donor darah. Menurut mbak Erna selalu koordinator kegiatan, dari pelaksanaan donor darah tersebut, terkumpul 34 kantong dari 48 yang mendaftar. “Pelaksanaannya sendiri, kita sesuaikan dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Seperti wajib pakai masker, dilakukan secara bergantian untuk membatasi jumlah personel di ruangan, menjaga jarak saat mengantri, dan mengatur arus keluar masuk ruangan, sehingga tidak bersinggungan”, kata mbak Erna.

Maskin ketua Sobat Bangilan dalam kesempatan ini, juga turut ambil bagian mendonorkan darahnya. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini dilaksanakan dalam rangka kemanusiaan, dan untuk membantu dalam memenuhi stok darah PMI kabupaten Tuban. “Inilah upaya kami untuk membantu pemenuhan stok darah PMI, yang berkurang. Semoga hasilnya dapat membantu masyarakat melalui PMI”, terangnya.

Sementara itu tim dari PMI Tuban menyampaikan, selama masa pandemi Covid-19 terjadi penurunan yang cukup drastis jumlah pendonor, sehingga mempengaruhi ketersediaan stok darah di PMI. “Kami mengucapkan terima kasih, karena kegiatan ini sangat membantu PMI dalam penambahan stok darah, yang sudah menipis akibat dampak pandemi Covid-19, Ujarnya

Kegiatan donor darah ini terselenggara berkat Support dari, Mr. Martel (martabak manis dan martabak telur), Kedai Kopi mbak Erna, Es Oyen Bang Salim dan Sobat Jek. Setiap pendonor yang darahnya diambil mendapatkan multivitamin, minuman dan snack dari PMI, sementara sponsor memberikan Souvenir, Jus Jambu, Bubur Kacang Ijo dan voucher belanja martabak yang bisa di tukarkan di stand martabak mr. Martel yang berada di depan Ponpes Assalam Putri Bangilan.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Berbagi Kebahagian dengan Nasi Bungkus

Kam Jul 2 , 2020
Gerakan menyediakan makan gratis kembali muncul di Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban. Seperti yang terlihat di depan Puskesmas Bangilan, kita akan menjumpai sebuah etalase dorong atau gerobak kaca bertuliskan ‘tempat makan dan minum gratis’, Siapa pun Boleh Mengambil, Siapa pun Boleh Mengisi. Teman-teman komunitas Sobat Bangilan mengupayakan etalase ini agar bisa […]