Jelang Ramadhan, Sobat Bangilan Gelar Donor Darah

Foto sesaat setelah kegiatan donor

Menjelang Bulan Ramadhan Sobat Bangilan bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tuban mengadakan kegiatan donor darah di pendopo kantor Kecamatan Bangilan, pada Minggu (04/04/2021). Donor  Darah merupakan salah satu program kerja dari Sobat Bangilan yang rutin dilaksanakan tiap tiga bulan sekali.

Kegiatan kali ini mengusung tagline “Setetes Darahku, Bukti Cintaku Terhadap Sesama”. dilaksanakan mulai jam 08.00 sampai dengan 12.00. Kegiatan tersebut digelar untuk membantu meningkatkan ketersediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Tuban saat bulan ramadhan dan mendorong gaya hidup sehat masyarakat melalui kegiatan donor darah.

Salah satu peserta, perangkat desa Kedungmulyo

Kegiatan donor darah ini merupakan wujud kepedulian sosial Sobat Bangilan, sekaligus sosialisasi akan pentingnya donor darah di kalangan masyarakat. Maskin ketua Sobat Bangilan dalam kesempatan ini, juga turut ambil bagian mendonorkan darahnya. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini dilaksanakan dalam rangka kemanusiaan, dan untuk membantu dalam memenuhi stok darah PMI kabupaten Tuban saat bulan Ramadhan.

“Kami tahu biasanya PMI selalu kekurangan darah setiap bulan Ramadhan, makanya untuk periode ini kita jalankan menjelang bulan Ramadhan, mudah-mudahan bisa sedikit membantu. Dan melalui kegiatan donor darah ini, saya mengharapkan adanya semangat dan kesadaran dalam diri kita masing-masing akan pentingnya persaudaraan dan saling tolong-menolong antar sesama manusia,” lanjutnya.

Salah satu peserta donor, ny. Maskin

Menurut mbak Siti Rokhani selaku koordinator kegiatan, dari pelaksanaan donor darah tersebut, terkumpul 29 kantong dari 36 yang mendaftar, lebih sedikit dari periode sebelumnya, karena bagi penerima vaksin covid-19 harus menunggu minimal 2 minggu setelah vaksin tahap 2 untuk bisa ikut donor “Pelaksanaannya sendiri, kita sesuaikan dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Seperti wajib pakai masker, dilakukan secara bergantian untuk membatasi jumlah personel di ruangan, menjaga jarak saat mengantri, dan mengatur arus keluar masuk ruangan, sehingga tidak bersinggungan”, kata mbak Siti.

“Berbagi kasih sayang tidaklah terbatas usia dan jenis kelamin, tetapi bagaimana kepedulian kita dan bisa berperan aktif untuk tolong menolong antar sesama manusia kapanpun dan dimanapun. Kegiatan donor darah akan membantu masyarakat yang membutuhkan darah, Selain itu, donor darah baik untuk kesehatan jika dilakukan secara rutin”. Pungkasnya.

Bu Siti Rokhani foto Bareng bersama satpol PP

Salah satu pendonor M. Mu’in mengungkapkan dirinya rutin mengikuti kegiatan donor darah yang diadakan Sobat Bangilan. “Saya selalu rutin ikut donor darah bersama Sobat Bangilan. Jadi sudah seperti kecanduan, kalau nggak ikut sekali saja, badan jadi nggak enak. Jadi saya ikut hari ini, apalagi menjelang bulan suci Ramadhan biar badan lebih fresh menjalankan ibadah puasa,” katanya.

Sementara itu Pak Sarju dari PMI Kabupaten Tuban, menyampaikan, selama bulan Ramadhan biasanya terjadi penurunan yang cukup drastis jumlah pendonor, sehingga mempengaruhi ketersediaan stok darah di PMI. “Kami mengucapkan terima kasih, karena kegiatan ini sangat membantu PMI dalam penambahan stok darah saat bulan Ramadhan nanti”, Ujarnya

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jum'at Silaturahmi, Belajar Peduli didesa Kedungjambangan

Jum Apr 16 , 2021
Ketika kita bisa makan setiap hari dengan berbagai pilihan jenis makanan yang enak, mengenyangkan dan menyenangkan, ratusan bahkan ribuan saudara kita diluar sana harus berfikir keras “Bisakah aku makan esok hari?”. Penghasilan mereka yang tak menentu membuat mereka akhirnya sering beraktifitas tanpa makan apapun. Jika terpaksa, maka tak jarang mereka […]