Semarakkan Ramadhan, Sobat Bangilan Bagi Takjil

Foto Sebelum Bagi Takjil

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh umat Muslim di Indonesia. Bulan Ramadhan juga dimanfaatkan bagi berbagai kalangan untuk berbagi. Sehingga, di beberapa tempat seringkali ditemui takjil gratis yang disediakan oleh orang yang ingin berbagi di bulan Ramadhan. Seperti halnya yang dilakukan oleh Sobat Bangilan membagikan takjil kepada masyarakat pada Ahad, 19 April 2021 bertempat di depan Puskesmas Bangilan.

Bulan Ramadhan yang masih belum normal karena terkurung pandemi. Aktifitas puasa juga jadi berbeda dan tidak ada acara buka bersama di luar rumah. Penjual makanan tidak lagi seramai biasanya, penghasilan para pedagang kecil makin mencekik karena sangat lambat perputarannya. Olehnya kita tidak boleh tutup mata asal kenyang untuk sendiri dan keluarga, tapi harus rajin buka mata lebar-lebar melihat nasib tetangga. Jangan sampai tetangga kita kelaparan dan tidak ada yang tahu, sesekali tengoklah tetangga terdekat dan saling bertukar kabar.

Do’a Bersama sebelum acara dimulai

Dasar inilah yang membuat SOBAT BANGILAN mengadakan bagi takjil dengan cara mengajak dan mengirimkan undangan ke warga. Harapannya warga yang mendapat undangan bisa membeli dagangan tetangganya untuk dibagikan bersama kami. Karena memberi keuntungan pada para tetangga sebagai bentuk pertolongan saling berbagi rezeki di bulan Ramadhan.

“Ini sudah menjadi rutinitas kami selama bulan suci ramadhan dan sebagai bentuk perhatian kami terhadap sesama muslim yang menjalankan ibadah puasa ” ujar Mbak Erna Ketua Panitia kegiatan ini, Kali ini takjil yang kami bagikan sebanyan 500 lebih takjil, dan Insya Allah kegiatan ini akan kami laksanakan kembali dua minggu kedepan” sambungnya.

Persiapan bagi Takjil

Kegiatan Bagi Takjil yang dilaksanakan pada Minggu, 18 April 2021 bertepatan pada Bulan Ramadhan ke-6 yang bertempat di depan Kantor Puskesmas Bangilan. Pemilihan tempat ini didasari pada lokasinya yang sangat strategis dimana selalu dilewati oleh banyak orang dan merupakan jalan utama di kecamatan Bangilan serta tidak banyak pedagang kaki lima disekitarnya.

Acara Pembagian Takjil sesaat setelah dimulai

Meski kondisi diguyur hujan lebat sebelum kegiatan, sebanyak 500 lebih lebih porsi takjil tersebut habis tidak kurang dari 30 menit, karena antusias dari para pengendara yang lewat. Acara tersebut juga berjalan lancar, tidak terjadi kemacetan yang berarti, sehingga tidak terjadi kerumunan karena kesigapan panitia yang sudah beberapa kali melakukan kegiatan serupa.

“Kegiatan Bagi Takjil ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa saling berbagi dan empati terhadap sesama, serta sebagai upaya menggerakkan roda ekonomi didaerah khususnya Bangilan, karena selama Pandemi pedagang kecil sepi pembeli”, kata Maskin ketua Sobat Bangilan.

Suasana Pembagian Takjil

“Bagi takjil ini menggunakan cara mengajak dan mengirimkan undangan ke warga. Harapannya warga yang mendapat undangan bisa membeli dagangan tetangganya untuk dibagikan bersama kami. dengan begitu roda ekonomi di Bangilan akan terus berputar”, lanjutnya.

Kegiatan bagi-bagi takjil ini selanjutkan akan digelar kembali pada tanggal 2 Mei 2021, dilanjutkan acara bagi bingkisan lebaran untuk Dhuafa, Fakir dan Miskin, dan acara bagi bingkisan lebaran akan menjadi acara penutup pada kegiatan Sobat Bangilan pada bulan Ramadhan tahun ini. (Adm)

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jum'at Silaturahmi, Belajar Peduli didesa Bate

Jum Apr 23 , 2021
Jum’at, 23 April 2021 Kembali komunitas Sobat Bangilan mengadakan kegiatan Jum’at Silaturahmi, Belajar Peduli. Kali ini kegiatan ini dilakukan didesa Bate, dirumah tiga orang nenek sepuh yang hidup sendiri. Beliau adalah Mbah Sarminah, mbah Patmi dan mbah Jah. Wajah beliau berdua berseri – seri ketika kami datang, “maturnuwun paringane, mugi […]