Sobat Bangilan Ikut Meriahkan Festival BUMDes dan UMKM

Pemerintah Kabupaten Tuban menggelar Bumdes Festival (Besti) pada hari Jum’at dan sabtu, tanggal 23-24 September 2022 . dan Sobat Bangilan berkesempatan ikut serta memeriahkan dengan menampilkan produk-produk unggulan yang di kerjakan oleh team Sobat Bangilan.

Hari pertama pelaksanaan Bumdes Festival di lapangan 17 Agustus berlangsung meriah. Selain diikuti puluhan UMKM, kegiatan ini juga menghadirkan produk unggulan dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Stand Sobat Bangilan

Camat Bangilan Bapak Daryuti, yang memantau persiapan pelaksanaan bumdes festival mengaku cukup puas. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi dorongan dalam rangka pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Pedagangnya terlihat cukup antusias, masyarakat yang hadir juga terlihat senang,” ujarnya, kemarin.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE saat membuka Bumdes Festival (Besti), menyampaikan Bundes Festival diadakan sebagai pemantik ekonomi daerah sekitar. Selain itu, juga sebagai ajang penggalian potensi setiap desa untuk memunculkan produk unggulan mereka. “Ini sebagai ajang show off seluruh potensi yang dimiliki setiap kecamatan melalui festival Bumdes ini,” ucap Mas Bupati.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE saat Meninjau Stand

Lebih dari 20 booth Bumdes dari 20 kecamatan yang memamerkan produk unggulan mereka. Mulai dari Mamin, produk fashion, tanaman hias, produk pertanian, hingga kerajinan tangan. Mas Bupati berharap, Besti bisa menjadi stimulus munculnya potensi ekonomi baru ditingkat desa, serta membangun daya saing yang bermuara pada peningkatan kualitas produk UKM lokal. “Seperti visi kita, pertumbuhan ekonomi sampai tingkat rumah tangga bisa tercapai,” ungkap Mas Bupati sambil meyakinkan jika festival mampu menjadi salah satu wadah promosi produk UKM paling efektif.

Wabup H. Riyadi, saat meninjau Stand

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos P3A PMD) dalam laporannya menjelaskan, Besti dilaksanakan selama dua hari mulai Jum’at hingga Sabtu. “Dimulai Jum’at malam dengan lomba Tongklek dan lomba Hadroh di hari Sabtu,” ujarnya.

Dengan adanya event tersebut, diharapkan menggerakkan ekonomi didesa sebagai upaya pemulihan pasca covid-19. “Tujuan akhirnya adalah pemulihan ekonomi,” pungkasnya.

Foto di sport foto yang disediakan

Masyarakat tumpah ruah memadati lapangan kebanggaan warga Kecamatan Bangilan ini. Hampir seluruh booth dipadati oleh oleh pengunjung yang merupakan warga lokal. Salah satunya Ekwan, warga desa Banjarworo Kecamatan Bangilan yang mengaku senang dengan acara Besti. Menurunnya, keramaian telah membawa berkah bagi pedagang lokal. Selain itu, juga hiburan bagi masyarakat sekitar. “Bersyukur selalu ada ramai-ramai sekarang, ada Mas Bupati juga, senang sekali,” ucap Ekwan (adm)

admin

Belajar Peduli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sobat UMKM Meriahkan BESTI (Bumdes Festival)

Sen Sep 26 , 2022
UMKM merupakan pilar ekonomi bangsa indonesia, kata tersebut memang cocok sebagai julukan untuk para pelaku UMKM yang ada diwilayah Indonesia. Di Bangilan khususnya, terdapat banyak sekali para pelaku usaha yang masih berbasis mikro. hal ini bisa dilihat dari banyaknya pekerjaan yang tercatat di kantor kecamatan Bangilan tahun 2022.  Festival BUMDES (Besti) […]