Jum’at Silaturahmi, Belajar Peduli Dusun Suruhan Desa Sidotentrem

Silaturahmi dengan mbah Sakilah

Jum’at, 04/06/2021 Kembali Sobat Bangilan mengadakan kegiatan “Jum’at Silaturahmi, Belajar Peduli”. Kali ini keluarga Sobat Bangilan bersilaturami lima keluarga didusun Suruhan desa Sidotentrem kecamatan Bangilan. Kelima keluarga tersebut satu di RT.01/10 yaitu mbah Dumijah, dan empat lainnya di RT.03/10 yaitu mbah Sarmi, mbah Seneng, mbah Sakilah dan mbah Atminah.

Silaturahmi dengan mbah Atminah

Sosok mbah Sakilah dan mbah Atminah sangat menyita perhatian, mbah Sakilah adalah sosok yang Ceria, suka bercerita dan pekerja keras. Saat kami datangi, beliau bercerita bahawa sudah berusia 92 tahun, dan hari itu sudah tiga kali bolak balik ke hutan untuk mencari kayu bakar. Diusia setua itu beliau masih mampu dan kuat jalan bolak balik beberapa kali mencari kayu bakar ke hutan dengan jalan kaki. Beliau juga bercerita mempunyai lima anak dan satu meninggal, dan kesumuanya adalah laki-laki.

Rumah Mbah Sakilah

Beda cerita dengan mbah Atminah, Beliau seorang ibu berusia 65 tahun dan memilih untuk tinggal sendiri ditengah sawah, tanpa listrik, tanpa tetangga. Beliau bercerita mempunyai 8 orang anak. Saat kami tanya kenapa lebih memilih tinggal ditengah sawah beliau menjawab bahwa dirinya sulit memahami anak-anaknya. “saya ini ngambekan’ kata beliau.

Rumah mbah Atminah

Semua keluarga yang kami datangi semuanya berseri – seri bahkan ketika kami pamit untuk pulang seakan dicegah dengan menahan tangan kami saat bersalaman. Memang apa yang kita bawa untuk bersilaturahmi dengan mereka tidaklah bisa memenuhi harapannya, tapi setidaknya bisa sedikit menghibur dan meringankan beban mereka, sudahlah cukup karena memang saat ini hanya itulah yang kami bisa.

Kondisi seperti inilah sebenarnya yg membuat kami ingin terus hadir untuk orang-orang seperti beliau. Meskipun bantuan yg kami berikan tidak seberapa, setidaknya kami bisa membantu menguatkan semangat dan optimisme beliau dalam menjalani takdir Tuhan.

admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Ndolani mbah Wasilah

Sab Jun 5 , 2021
Sabtu, 5/06/2021 Pengurus Sobat Bangilan mendatangi mbah Wasilah untuk menyerahkan sedikit Bantuan dari donatur dan mengganti alas tidur beliau. Mbah Wasilah adalah nenek yang kita jumpai saat kegiatan Jum’at Silaturahmi, Belajar Peduli pada tanggal  28/05/2021 lalu. Nenek yang sakit dan dirawat oleh cucu sambungnya yang rumahnya dibelakang rumah beliau. Nenek […]