Setelah Libur Karena PPKM, Sobat Bangilan Kembali Gelar Donor Darah

Foto Setelah kegiatan selesai

Setelah Libur hampir 6 Bulan karena PPKM, Sobat Bangilan bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tuban kembali mengadakan kegiatan donor darah di pendopo kantor Kecamatan Bangilan, pada Minggu (17/10/2021). Donor  Darah merupakan salah satu program kerja dari Sobat Bangilan yang rutin dilaksanakan tiap tiga bulan sekali.

Kegiatan kali ini mengusung tagline “Bergerak Bersama Untuk Sesama”. Kegiatan yang dilaksanakan mulai jam 09.00 sampai dengan 12.30, digelar untuk membantu meningkatkan ketersediaan stock darah di Palang Merah Indonesia (PMI) kabupaten Tuban saat masih keadaan pandemi, meningatkan kepedulian sesama dan mendorong gaya hidup sehat masyarakat melalui kegiatan donor darah.

Kang Anam, juga ikut mendonorkan darahnya.

Kegiatan donor darah ini merupakan wujud kepedulian sosial masyarakat Bangilan melalui Komunitas Sobat Bangilan, sekaligus sosialisasi akan pentingnya donor darah di kalangan masyarakat. Maskin ketua Sobat Bangilan dalam kesempatan ini, juga turut ambil bagian mendonorkan darahnya. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini dilaksanakan dalam rangka kemanusiaan, dan untuk membantu dalam memenuhi stok darah PMI kabupaten Tuban saat Indonesia masih dalam situasi pandemi serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama.

“Kegiatan donor darah ini mudah-mudahan bisa sedikit membantu stock darah di PMI. Dan melalui kegiatan donor darah ini, saya mengharapkan adanya semangat dan kesadaran dalam diri kita masing-masing akan pentingnya persaudaraan dan saling tolong-menolong antar sesama manusia,” lanjutnya.

Maskin, menyerahkan doorprize dari sponsor untuk peserta pertama yang berhasil medonorkan darahnya

Menurut Khoirul Anam selaku koordinator kegiatan, dari pelaksanaan donor darah tersebut, terkumpul 24 kantong dari 32 yang mendaftar, lebih sedikit dari periode sebelumnya, karena bagi penerima vaksin covid-19 harus menunggu minimal 2 minggu setelah vaksin tahap 2 untuk bisa ikut donor “Pelaksanaannya sendiri, kita sesuaikan dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Seperti wajib pakai masker, dilakukan secara bergantian untuk membatasi jumlah personel di ruangan, menjaga jarak saat mengantri, dan mengatur arus keluar masuk ruangan, sehingga tidak bersinggungan”, kata kang AJ, panggilan akrabnya.

“Berbagi kasih sayang tidaklah terbatas usia dan jenis kelamin, tetapi bagaimana kepedulian kita dan bisa berperan aktif untuk tolong menolong antar sesama manusia kapanpun dan dimanapun. Kegiatan donor darah akan membantu masyarakat yang membutuhkan darah, Selain itu, donor darah baik untuk kesehatan jika dilakukan secara rutin”. Pungkasnya.

Bapak Suwarno yang rutin ikut kegiatan donor darah

Salah satu pendonor bapak Suwarno mengungkapkan dirinya rutin mengikuti kegiatan donor darah yang diadakan Sobat Bangilan. “Saya selalu rutin ikut donor darah bersama Sobat Bangilan. Jadi sudah seperti kecanduan, kalau nggak ikut sekali saja, badan jadi nggak enak semua. Jadi saya sudah lama menunggu moment ini,” katanya.

Petugas dari PMI Kabupaten Tuban, yang datang adalah, David Asepta Hermanto, Didik Wahyudi, Sigit Purnomo dan Rama Daniar Guntur Sayogi. Sementara itu Seksi Humas dan Rekrutmen Donor UDD PMI Tuban, Bapak Sarju Efendi, ketika di hubungi melalui telpon menyampaikan ucapan terima kasih karena sudah di Bantu oleh Sobat Bangilan , “Kami mengucapkan terima kasih, karena kegiatan ini sangat membantu PMI dalam penambahan stok darah di PMI”, Ujarnya

Kegiatan ini juga didukung oleh beberapa pelaku usaha di Bangilan, seperti biasanya Sobat Bangilan selalu melibatkan pelaku usaha di Bangilan untuk setiap kegiatannya, karena kegiatan-kegiatan yang dilakukannya sekaligus menjadi ajang sinergi yang baik antara warga dengan pelaku usaha dalam menghadapi pandemi COVID-19, dan kegiatan kali ini didukung oleh CV. Anam Jaya Makmur, Dita Bakery, Choirna Print, Es Oyeng Bang Salim, Nasi Bakar sa’onone dan drg. Ratih Damayanti.

admin

Belajar Peduli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Silaturahmi ke Dusun Pulut, Beliau Meninggal Sebelum Kami Datang

Jum Okt 22 , 2021
Jum’at, 22/10/2021 Sobat Bangilan kembali mengadakan kegiatan “Jum’at Silaturahmi, Belajar Peduli”. Kali ini Sobat Bangilan bersilaturami ke dusun Pulut desa Bangilan Kecamatan Bangilan, kepada enam keluarga didusun tersebut. Mereka adalah Mbah Wiji penjual sarapan keliling, namun karena sakit beberapa bulan ini tidak bisa jualan, mbah Sarminah sekarang beliau hidup sendiri […]