SOBAT BANGILAN BER_QURBAN

Menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H yang jatuh pada Minggu, 09 Juli 2022, Sobat Bangilan ber-qurban seekor sapi yang berasal dari patungan tujuh orang dulur Sobat Bangilan. Mereka adalah Muyasaroh, Siti Rohani, Nur Hidayatus Sholihah, Roy Kurniawan, Echwanuddin, Heriyanto dan Khoirun Ni’am.

Roy Kurnawan, salah satu peserta Qurban, berpose di Sapi sebelum di Qurbankan.

Prosesi penyembelihan hewan qurban dilaksanakan di basecamp Sobat Bangilan, sebagai panitia adalah semua pengurus Sobat Bangilan yang diketuai oleh Maskin. Dan mereka semua bergotong royong, saling bekerjasama packing daging qurban yang sebelumnya dipotong dilahan kosong yang persis ada didepan basecamp.

Proses pemotongan hewan qurban dimualai pukul 14.30 dan berkat kerjasama yang solid dari panitia, proses packing dapat diselesaikan pada pukul 16.30 dan berhasil mendapatkan 423 kantong, yang berisi 3 ons daging, ditambah balungan, jeroan dan kulit. Selanjutnya daging qurban kemudian didistribusikan kepada shohibul qurban, warga sekitar basecamp dan ke keluarga yang pernah Sobat Bangilan dolani saat kegiatan Jum’at Silaturahmi, belajar peduli.

Do’a bersama sebelum prosesi penyembelian hewan Qurban

Ecwanuddin, koordinator kegiatan ini mengatakan, hewan kurban ini dibeli dari hewan lokal di wilayah desa Ketodan Kecamatan Jatirogo. Bobot sapi ini kurang lebih berkisar 280 kg – 300 kg, dan sudah dicek bebas penyakit mulut dan kuku.

“Kami akan mendistribusikan kepada kurang lebih 400 pack ke warga sekitar dan keluarga yang pernah Sobat Bangilan dolani saat kegiatan Jum’at Silaturahmi, belajar peduli. Kami antar daging kurban ini ke rumah masing-masing warga” jelasnya.

Ekwanuddin (memakai Topi), sedang ikut proses packing.

Kegiatan Qurban yang mengambil tema “Qurban Bersama, Untuk Sesama” ini, selain karena bagian dari Ibadah kepada Tuhan juga di harapkan bisa menginspirasi kelompok lain dalam membangun kebersamaan dan kepedulian kepada sesama, Kata Maskin.

“Alhamdullilah Sobat Bangilan dalam momen Idul Adha ini bisa berqurban, ini merupakan bentuk syukur kita kepada Allah SWT atas segala berkah yang diberikan_Nya, maka dari itu kegiatan berqurban ini kita jadikan sebagai momen untuk meningkatkan iman taqwa kepada allah subahana wa taalla dan semakin mempererat rasa persaudaran serta kepedulian kita”, lanjutnya.

Kelompok Ibu-ibu yang sedang packing daging Qurban, sebelum di bagikan

Selamat kepada seluruh panitia yang telah sukses menyelenggarakan qurban yang pertama kalinya, semoga lebaran Idul Adha mendatang bisa dilanjutkan agar dapat menyelenggarakan pemotongan hewan qurban lagi dan semoga kita tetap bersama dan bersaudara di alam manapun. (adm)

admin

Belajar Peduli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Jum’at Silaturahmi, Belajar Peduli Part. 63

Jum Jul 15 , 2022
“Nek wes onok sukurono, nek durung teko entenono, nek wes lungo lalekno, nek ilang iklasno…” Pada hari Jum’at, 15/07/2022 Sobat Bangilan kembali mengadakan kegiatan “Jum’at Silaturahmi, Belajar Peduli” yang ke 63. Kali ini Sobat Bangilan bersilaturami ke Tiga keluarga di desa Bate, Kecamatan Bangilan. Mereka adalah kak Yuti, Kak Sami […]